https://lh3.googleusercontent.com/Mt02RxVntliCLtZNpV78NXbyx3GQ1v9xxWXhoLuCS1HOsiPT-auEVSYai4m1MA9558y5bVDvW1i0ZPi0HWK55Rnee0Pa9tg8d_QI7vzu79-tUkTIANvlLcHZFqKLUYuYs7NKVoum

Beberapa perusahaan besar tidak mau ketinggalan dalam mendirikan fintech di Indonesia. Pasalnya masyarakat kini sudah cukup akrab dengan kredit online cicilan bulanan yang dianggap lebih praktis, mudah dan fleksibel. 

Contoh sederhana seperti Danamas yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinarmas. Ada juga Maucash yang merupakan bisnis patungan antara Astra dengan WeLab. Aplikasi Maucash ini cukup terbuka dan informasinya bisa didapatkan secara mudah lewat website resminya.

Nah, supaya lebih menarik kita coba ulas beberapa poin yang dimiliki oleh Maucash dengan Kredivo. Mengapa Kredivo? Karena Kredivo termasuk dalam fintech yang memberikan suku bunga paling rendah diantara yang lainnya. Benarkah demikian? Yuk, simak bersama sampai akhir agar kamu bisa mengetahui kedua produk ini secara komprehensif.

Mengenal Maucash vs Kredivo

Maucash memiliki kemiripan dengan Kredivo yang memberikan pinjaman untuk semua kebutuhan, baik itu kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Semua pinjaman yang diajukan bisa dimanfaatkan untuk dana darurat, kesehatan, pendidikan, liburan, belanja perabotan rumah tangga, hingga modal kerja.

Tak berbeda dengan Kredivo yang memberikan semua layanan untuk kebutuhan masyarakat. Untuk belanja online atau offline sudah bisa menggunakan Kredivo. Pun untuk pinjaman tunai bisa memanfaatkan produk pinjaman mini atau pinjaman jumbo dari Kredivo. Aplikasi Kredivo dikenal juga dengan aplikasi serba ada karena bisa dimanfaatkan untuk beli pulsa, token listrik, dan bayar tagihan bulanan lainnya. 

Perbandingan suku bunga Maucash vs Kredivo

Maucash memberikan bunga sebesar 6% dari total pinjaman, Tapi, bunga tersebut hanya berlaku untuk produk Mauringan, sementara produk Maucepat tidak dikenai bunga tetapi tetap ada biaya administrasi. 

Sementara untuk suku bunga Kredivo sebesar 2,6% perbulan flat, untuk semua produk pinjaman. Khusus untuk pinjaman tunai terdapat biaya admin sebesar 6% yang dipotong dari jumlah pinjaman yang diajukan.

Jika dibandingkan antara keduanya, bunga Kredivo tetap jauh lebih ringan plus untuk belanja online maupun offline tidak dikenakan biaya admin sama sekali. Biaya admin hanya dikenakan untuk produk pinjaman tunai dan besarannya hanya 6% dari total pinjaman. Sementara untuk Maucash memberikan bunga dan biaya admin untuk produk pinjaman tunainya. 

Persyaratan pinjaman Maucash vs Kredivo

Maucash memiliki dua produk pinjaman yaitu Maucepat dan Mauringan. Persyaratannya sederhana saja, yaitu WNI berusia antara 18-65 atau telah menikah dan memiliki E-KTP, karyawan atau wiraswasta yang punya penghasilan tetap, email pribadi, dan memiliki smartphone berbasis Android karena aplikasinya baru tersedia di Google Play Store.

Maucash melayani area yang cukup luas mencakup beberapa kota di provinsi berbeda seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Bali, Sumatera, Riau, Kalimantan, dan Sulawesi. Soal jangkauan, Maucash memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan Kredivo. 

Sedangkan untuk persyaratan Kredivo juga cukup mudah kok, WNI berusia antara 18 sampai dengan 60 tahun, berpenghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan entah itu dari gaji atau penghasilan sebagai pekerja lepas dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. Semua proses pendaftaran bisa dilakukan hanya lewat aplikasi resminya saja.

Produk pinjaman Maucash vs Kredivo

Ada dua produk utama yang ditawarkan oleh Maucash yaitu Maucepat dengan pinjaman mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp3,5 juta, dan Mauringan dengan kredit online cicilan bulanan mulai dari Rp2,5 juta sampai dengan Rp10 juta.

Untuk tenor Maucepat diberikan dalam waktu 61 hari tanpa bunga sama sekali tetapi diberikan biaya administrasi sesuai dengan besar pinjaman. Contoh untuk pinjaman Rp500 ribu, tenor 61 hari, dikenakan biaya admin sebesar Rp120 ribu. Sedangkan jika pinjaman Rp3.5 juta dengan tenor yang sama dikenakan biaya admin sebesar Rp840 ribu.

Untuk produk Mauringan diberikan bunga 6% dan biaya administrasi sesuai pinjaman. Contoh untuk pinjaman Rp2.5 juta dengan tenor 3 bulan biaya adminnya sebesar Rp600 ribu serta bunga 6% per bulan.

Sedangkan produk pinjaman di Kredivo salah satunya berupa cicilan tanpa bunga sama sekali dalam waktu 30 hari. Produk ini cocok untuk bayar tagihan bulanan seperti PLN, Air PDAM, BPJS Kesehatan, pulsa handphone dan berbagai tagihan lainnya. Selain itu, dengan menggunakan Kredivo, kamu tetap bisa belanja online/offline dengan tenor cicilan 3,6 hingga 12 bulan dengan bunga flat 2,6% per bulan.

Untuk pinjaman tunainya, bisa memilih antara pinjaman mini atau jumbo. Pinjaman mini plafonnya mulai dari Rp500 ribu dengan maksimal pinjaman Rp1 juta. Sementara pinjaman jumbo mulai dari Rp1 juta hingga limit maksimal yang dimiliki oleh membernya masing-masing. Per member bisa mendapatkan kredit limit sampai dengan Rp30 juta. Tentu, akan disesuaikan dengan profil member atau kondisi keuangan para debiturnya masing-masing. 

Legalitas Maucash vs Kredivo

Baik Kredivo maupun Maucash sudah terdaftar di OJK. Kredivo telah terdaftar resmi dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia sebagai salah satu perusahaan fintech yang berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.

Sementara itu, Maucash sudah terdaftar di OJK dengan nama perusahaan PT Astra Welab Digital Arta dengan nomor KEP -84/D.05/2019 sejak tanggal 30 September 2019.

Dari perbandingan tersebut, pada dasarnya Maucash menjangkau pasar yang lebih luas, diperuntukkan bagi semua kalangan. Sementara Kredivo memberikan keunggulan pada suku bunga rendah dan kredit limit yang lebih tinggi hingga Rp30 juta per member. Aplikasi Kredivo juga sudah tersedia di App Store sehingga memberikan jangkauan yang cukup luas tidak terbatas hanya pemilik Android saja.