Penyebab kram haid hari pertama adalah dysmenorrhea, yakni salah satu gejala haid yang erat kaitannya dengan rasa sakit, khususnya di perut bagian bawah, punggung bawah, pinggul, bahkan paha. Jika dilihat dari penyebabnya, nyeri haid dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu primer dan sekunder.

Nyeri haid primer timbul bukan karena penyakit ginekologi tertentu, tetapi sebagai dampak alami dari proses haid. Nyeri sekunder timbul karena adanya gangguan pada alat reproduksi.

Penyebab Nyeri Haid Primer

  1. Tingginya kadar prostaglandin

Saat haid, lapisan dinding rahim yang lama akan luruh lalu diganti dengan yang baru. Ketika terjadi, tubuh menghasilkan senyawa prostaglandin yangmemiliki kaitan erat dengan rasa sakit.

  • Leukotrien

Selain prostaglandin, terdapat satu zat lagi yang mampu dihasilkan tubuh sebagai respon dari peradangan, yauti leukotrien. Meningkatnya kadar leukotrien di dalam tubuh juga dapat menimbulkan dampak nyeri.

  • Serviks

Pada beberapa wanita, jalan leher rahim atau serviks berukuran terlalu kecil sehingga menghalangi lancarnya aliran darah haid yang keluar. Ketika itu terjadi, maka rahim akan merasa tertekan sehingga timbul nyeri.

  • Stres

Stress selalu berimbas pada kondisi badan.  Jadi pastikan Anda mampu mengontrol stres, hiduplah dengan fikiran positif dan Anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

Penyebab Nyeri Haid Sekunder

  1. Tumor jina

Jika Amda mengalami kondisi ini, sebaiknya dilakukan penanganan untuk menghilangkan tumor jinak tersebut agar nyeri haid tak menghampiri setiap bulannya.

  • Abnormalitas adenomiosis

Adenomiosis adalah kelainan rahim, di mana jaringan pelapis rahim yang seharusnya berada di permukaan, tetapi tumbuh abnormal ke dalam lapisan otot-otot rahim. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab nyeri haid.

  • Endometriosis

Endometriosis yaitu penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim. Jika sampai tumbuh di luar rahim, maka keberadaannya bisa menghambat saluran tuba falopi sehingga sel telur dan sperma akan sulit bertemu.

  • Radang panggul

Saat ada infeksi di organ reproduksi wanita, misalnya saluran tubafalopi, maka itu dapat menjalar ke bagian lain seperti indung telur bahkan rahim. Salah satu penyebab radang panggul yang paling umum adalah infeksi penyakit menular seksual.

Untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan, maka Anda perlu lakukan kompres pada bagian perut dengan air hangat maupun pad penghangat Ifree yang lebih prsktis. Bila perlu minum obat pereda nyeri yang disaramkan oleh dokter. Jika nyeri tak berkurang, segera konsultasi denfan dokter.