Jika ibu seorang single parent dan merasa cemas dengan status tersebut pastinya akan berpengaruh pada anak. Memang benar bahwa tuga yang paling berat itu adalah tugas membesarkan anak, terlebih bagi para single parent. Tetapi dari segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini pastinya ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan status single parent. Apapun kondisi dan penyebabnya, anda harus siap menghadapi kelebihan dan kekurangan saat menjadi single parent. 

Supaya ibu tidak cemas dan stress dengan status single parent yang disandang, maka wajib mengikuti beberapa tips dibawah ini : 

  1. Mencari Banyak Teman

Hidup ibu akan terasa mudah saat mencari orang yang memiliki kondisi sama. Tetapi tidak harus yang sama sama single parent. Misalnya ibu seorang single parent dan memiliki sahabat yang suaminya itu sering bekerja hingga larut malam. Sehingga ibu dan sahabat memutuskan untuk berkumpul saat makan malam sambil membawa anak masing masing. Memang terkadang kedua anak rewel dan menangis, tetapi setidaknya ibu dan sahabat tidak menjalani kondisi tersebut sendirian. 

  1. Merawat Diri Sendiri

Ibu harus memastikan jika tubuh ibu sudah mendapatkan asupan makanan yang cukup. Ibu juga harus memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur yang didapatkan. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup juga maka itu berarti ibu sedang melupakan sejenak tugas di rumah. Supaya tetap sehat juga, ibu harus rutin berolahraga. Ibu bisa melakukan olahraga yang sederhana. Misalnya berjalan kaki saat akan menuju sebuah tempat yang tidak terlalu jauh. 

  1. Menjauhkan Rasa Iri

Terkadang mungkin ibu akan merasa iri dengan teman teman yang memiliki suami baik dan mau membantu. Tetapi ini belum tentu akan baik baik saja saat ibu memiliki pasangan. Karena pada kenyataannya semua orang memiliki masalah, termasuk para istri yang memiliki suami. Lebih baik ibu fokus pada hal hal yang indah saja dalam hidup ibu dan mensyukurinya, termasuk memiliki teman yang memiliki suami. 

Dengan mengikuti tips diatas maka Anda akan terbantu untuk mencapai keberhasilan dan menikmati posisi sebagai orang tua tunggal bagi si buah hati.